Curahan Hati Semua Cara

SEJARAH PERJUANGAN PEMUDA DAN MAHASISWA


Pemuda sepertinya lupa sejarahnya. Padahal generasi muda adalah orang yang membuat sejarah alias People Makes History. Peran dan perjuangan pemuda Indonesia dirintis dan dimulai dari berdirinya Indische Vereeniging atau Perhimpunan Hindia yang kemudian menjadi Perhimpunan Indonesia, tahun 1908. Organisasi pemuda, pelajar,dan mahasiswa hindia di negeri Belanda ini kemudian menerbitkan Koran Indonesia Merdeka. Dalam terbitan pertama menyatakan tentang kemauan besar bangsa Indonesia untuk merebut kembali hak-hak dan menetapkan kedudukan atau keyakinan di tengah-tengah dunia, yaitu sebuah Indonesia yang Merdeka.
Selanjutnya semangat nasionalisme dan patriotisme tersebut mulai merambah ke Indonesia dengan berdirinya organisasi Budi Utomo, tanggal 20 mei 1908 yang kemudian diperingati sebagai hari kebangkitan nasional, kemudian berdiri pula Organisasi Sarikat Islam (SI) tanggal 10 september 1912. Semangat nasionalisme dan patriotismetersebut kemudian dipertegas dengan Sumpah Pemuda yang merupakan sumpah setia para pemuda pada saat kerapataan Pemoeda-Pemoedi Indonesia dalam kongres pemuda II yang dibacakan pada 28 Oktober 1928 tentang pengakuan generasi muda Indonesia. Kongres pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong java, jong Ambon, jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatera, jong Kalimantan, Pemuda kaum betawi dll.
Moehammad Yamin menguraikan tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima factor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, sejarah, bahasa, hokum adat, pendidikan, dan kemauan. Militansi dan peran pemuda selanjutnya terlihat menjelang proklamasi kemerdekaan, yaitu dalam peristiwa Rengas Dengklok berupa “penculikan” yang dilakukan sejumlah pemuda antara lain Adam Malik dan Chaerul Saleh dari menteng 31 terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.30 WIB. Soekarno dan Hatta dibawa atau lebih tepatnya diamankan ke Rengasdengklok, Karawang. Untuk didesak agar mempercepat proklamasi, sampai kemudian terjadi kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Akhmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan.
Sejak bergulirnya reformasi di Indonesia dimulai pertengahan Mei 1998 yang ditandai adanya pergantian rezim orde baru dengan orde reformasi, belum banyak terjadi perubahan-perubahan mendasar dan menyeluruh di segala aspek dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara
Pemuda, di belahan dunia ini dimanapun, adalah generasi yang akan menjadi tulang punggung bangsa dan negaranya di masa depan. Pada diri mereka harapan segenap bangsa disandarkan; pada semangat dan keberanian mereka suara dan kehendak rakyat disemayamkan. Pendek kata, pemuda, adalah harapan bangsa.
Secara historis, peran pemuda di Negara Indonesia tidak dapat dibantah. Soekarno, Hatta, Sjahrir, tanpa bermaksud mengabaikan tokoh-tokoh lain yang tidak tercantumkan disini, adalah representasi kaum muda Indonesia yang diakui dunia sampai hari ini.

0 komentar:

Post a Comment

Warning
Dilarang menggunakan kata sara